Minggu, 18 Maret 2012

Ilmu Budaya Dasar (IBD) Sebagai Salah Satu MKDU


Ilmu Budaya Dasar salah satu MKDU
Ilmu Budaya Dasar merupakan mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Secara singkat, tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah agar mahasiswa dapat memperlihatkan :
1. Minat dan kebiasaan menyelidiki keadaan yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya sendiri.
2. Kesadaran akan pola-pola kehidupan yang dianut dengan cara hidupnya.
3. Kerelaan memikirkan kebenaran nilai-nilai yang dianut mereka masing-masing.
4. Membedakan baik dan buruk nilai-nilai, sehingga dapat menjaga hidup mereka masing-masing.
Ilmu Budaya Dasar di Indonesia dikembangkan sebagai pengganti istilah “Basic Humanitiesm”, yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Jadi dapat diartikan bahwa dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar manusia akan lebih memiliki sifat manusiawi, berbudaya, dan halus.
Berikut adalah pengelompokan ilmu pengetahuan yang dibagi menjadi 3, di antaranya :
1. Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science)
Ilmu pengetahuan ini lebih sering disebut sebagai “ilmu pasti”, karena seluruh proses ala mini selalu menghasilkan 100% benar atau 100% salah.
2. Ilmu-ilmu Sosial (Social Science)
Ilmu sosial merupakan ilmu yang mengkaji tentang hubungan manusia, namun tidak terlepas dari metode ilmiah dalam pencarian solusinya. Jadi dapat dikatakan ilmu social akan menghasilkan kemungkinan hamper 100% benar atau salah.
3.Pengetahuan Budaya (The Humanities)
Pengetahuan ini mencakup keahlian seni dan filsafat, dan masih ada sedikit pengaruh metode ilmiah dalam pencarian solusinya. Masalah yang dikaji dalam pengetahuan inipun tentang nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya.
Perbedaan Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial :
Ilmu Budaya Dasar merupakan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah mengenai manusia dan budaya. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah pengetahuan tentang hubungan antar manusia.
Persamaan Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial :
Kedua ilmu ini merupakan ilmu dasar yang membentuk jiwa manusia kepada nilai-nilai baik dalam berhubungan langsung dengan manusia lainnya.
Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai pelajaran dalam Ilmu Budaya Dasar antara lain :
1. Manusia dan cinta kasih.
2. Manusia dan keindahan.
3. Manusia dan keadilan.
4. Manusia dan pandangan hidup.
5. Manusia dan tanggung jawab.
6. Manusia dan pengabdian.
7. Manusia dan harapan.

Disini terdapat dua masalah pokok ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan :
1. Dengan menggunakan budaya, baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin ilmu) di dalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan (antar bidang).
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman & tempat.

Dari dua masalah pokok tersebut dapat dikaji bahwa manusia menempati posisi sentral
dalam pengkajian, tidak hanya sebagai objek pengkajian.Hubungan manusia dengan Sang Pencipta, diri sendiri, sesama manusia, alam dan nilai-nilai manusia.Bahasan yang dikembangkan Manusia & cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab serta pengabdian, kegelisahan & harapan.

Penyajian Ilmu Budaya Dasar (IBD) tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pe­ngetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan, Dengan demikian jelas bahwa matakuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik seorang pakar dalam salah satu bidang keahlian (disiplin) yang termasuk. dalam pengetahuan budaya, akan tetapi Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitar­nya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.  

Sumber :


0 comments:

Posting Komentar

The Automated Icon
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
Feel it Free, baby !




widget by Y-Kool