Selasa, 25 Oktober 2011

BOOTING

Pertama-tama saya akan membahas definisi dari booting.
Booting itu sendiri, adalah isitlah teknologi informasu dalam bahasa inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong dan status mikroprosesor atau prosesor disetting reset.

Tahap-tahap proses booting 
  1. Saat komputer dihidupkan, memorinya masih kosong (dalam hal ini RAM). Belum ada instruksi yang dapat diseksekusi oleh prosesor. Karena itu prosesor dirancang untuk selalu mencari alamat tertentu di BIOS ROM. Pada alamat tersebut, sebuah instruksi jam yang menuju ke alamat eksekusi awal BIOS. Setelah itu, prosesor menjalankan power on set (POS) yaitu memberikan kondisi hardware yang ada.
  2. Sesudah itu, BIOS mencari video card. Secara khusus, ia mencari program BIOS milik video card. Kemudian sistem BIOS menjalankan video card BIOS. Barulah setelah itu video card diinisialisasi.
  3. Kemudian BIOS memeriksa ROM pada hardware lain, apakah hardware lain memiliki BIOS atau tidak. Jika ya, maka sistem BIOS akan mengeksekusi juga.
  4. BIOS melakukan pemeriksaan lagi terhadap memori, misalnya jenis memori dan besarnya memori. Lebih lanjut lagi ia memeriksa hardware lain seperti disk. Lalu ia mencari disk dimana proses boot bisa dilakukan yaitu mencari boot sector. Boot sector ini bisa berada di harddisk atau floppy disk.     

1 komentar:




widget by Y-Kool