Selasa, 01 November 2011

Mengenal Karakter Satu Sama Lain

Berkomunikasi . . . . itulah yang biasa kita lakukan setiap hari saat bertemu dengan orang lain. Baik disengaja maupun tidak, kita pasti melakukannya. Dalam pergaulan pun kita pasti mengenal karakter dari masing-masing lawan bicara kita bukan. Nah dari berkomunikasi itulah kita harus belajar dan mengetahui sifat dan karakter lawan bicara kita. Kenapa ? alasannya sangat sederhana, karena tidak semua lawan bicara kita mengerti dan paham akan situasi, kondisi ataupun topik yang sedang kita perbincangkan. Jika kita belum paham akan situasi tersebut, salah-salah orang lain akan merasa tersinggung atas kesalahan kita dalam berucap. 

Untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan dalam bergaul, selain mengenal sifat dan karakter masing-masing lawan bicara kita juga harus mengenal sifat dan karakter diri sendiri. Mulai dari watak, tingkah laku, ego dll. Introspeksi diri sendiri ini sangat penting dan berpengaruh besar ketika kita berada dalam satu ruang lingkup masyarakat umum. Karena apa, karena tujuan dari hal tersebut yaitu agar kita selaku pembicara dengan lawan bicara kita saling mengerti dan memahami satu sama lain. 
Apabila tujuan tersebut sudah tercapai maka kita tidak perlu segan untuk bergaul dalam masyarakat umum.

Dengan begitu, marilah kita pertahankan sifat dan karakter kita yang bersifat positif dalam pergaulan. Agar tercipta suasana yang harmonis di antara kita. Akhir kata, penulis hanya berpesan agar yang terpenting adalah kita kenali dulu diri sendiri baru kemudian kenali sifat dan karakter orang lain.

0 comments:

Posting Komentar

The Automated Icon
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
Feel it Free, baby !




widget by Y-Kool