Kamis, 03 November 2011

Menumbuhkan Rasa Kepedulian Sosial

Hidup di Indonesia makin berat. Kesenjangan sosial makin lebar. Yang kaya makin kaya, sebaliknya yang miskin tentap saja miskin. Sebagian besar warga masyarakat pun hidup serba pas-pasan dan lebih banyak yang terimpit kesulitan.
Lihat saja, di tengah berseliweran mobil-mobil mewah, namun pengemis, gelandangan, dan anak-anak jalanan tetap mewarnai kehidupan keseharian di Kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Sedangkan beban hidup warga masyarakat makin berat di semua strata, apalagi di pedesaan. Penghasilan keseharian rata-rata penduduk, kini, hampir tak sesuai lagi dengan kebutuhan yang diperlukan karena melambungnya harga-harga barang dan biaya hidup keseharian.

Semua ini tak terlepas akibat situasi sulit yang tentap melilit sebagian besar warga bangsa. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah lewat kebijakan ini dan "itu nyatanya belum mampu menjawab tantangan. Yang terlihat, tuntutan kesejahteman bagi sebagian besar warga masyarakat ekonomi menengah ke bawah masih merupakan angan-angan. Kemakmuran yang dicita-citakan pun makin jauh dari kenyataan.
Melihat fenomena hidup yang makin sulit saat ini, ada baiknya perlu ditumbuhkan kembali rasa kepedulian
sosial di antara warga masyamkat. Yang kaya perlu membantu yang miskin, sebaliknya yang miskin harus tents berusaha mencari peluang agar terbebas dari kungkungan hidup serba berkekurangan. Mereka tidak boleh terjebak dan terjerumus pada perangkap kriminalitas yang memiliki risiko justru akan menyengsarakan banyak orang.
Melalui blog ini, saya hanya ingin mengimbau, marilah kita tingkatkan rasa sosial dan kepedulian antarsesama. Banyak di antarawarga bangsa masih terimpit kesulitan berkepanjangan, mengapa kita tidak saling membantu?

0 comments:

Posting Komentar

The Automated Icon
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
Feel it Free, baby !




widget by Y-Kool