Senin, 25 Maret 2013

Kelas, Objek, Method pada Java


Isi file Kotak.java

class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;
       
  // Mendefinisikan method void (tidak mengembalikan nilai)
  void cetakVolume() {
    System.out.println("Volume kotak = " +
      (panjang * lebar * tinggi));
  }   
}



Isi file Tugas.java

class Tugas {   
  public static void main(String[] args) {
    Kotak k;
   
    // instansiasi objek
    k = new Kotak();
       
    // mengisi data untuk objek k
    k.panjang = 4;
    k.lebar = 3;
    k.tinggi = 2;
   
        // memanggil method cetakVolume() untuk masing-masing objek       
    k.cetakVolume();
   }       
}


Disini saya akan menjelaskan mengenai suatu kelas main memanggil kelas yang lain dengan contoh program Volume Kotak. Dalam program diatas, saya membuat sebuah file java dengan nama Kotak.javaberisi sebuah kelas Kotak yang memiliki data panjang, lebar, tinggi. Dan saya juga mendeklarasikan MethodcetakVolume “void cetakVolume ()”.

Kata void disitu berarti bahwa saya tidak mengembalikan nilai cetakVolume. Sedangankan pada file Tugas.java saya memdeklarasikan kelas main. Kemudian saya mendeklarasikan variabel k bertipe Kotakyang berperan sebagai refrensi ke objek dari tipe Kotak. 

Statement berikutnya yaitu “k = new Kotak();” yaitu melakukan instansiasi dan memasukan refrensi ke variabel k. Secara internal, variabel k digunakan untuk menyimpan alamat memori dari objek kotak. Lebih gampang kita bisa menggabung kedua statement tersebut menjadi “Kotak k = new Kotak();” yaitu kita mendeklarasi sebuah objek bernama k, selanjutnya kita mengisikan nilai kedalam objek k, k.panjang = 4,k.lebar = 3, k.tinggi = 2; dan terahir kita memanggil method “cetakVolume” untuk objek k. Pemnaggilan method dalam suatu kelas dilakukan dengan menuliskan objek pemiliknya, dan diikuti oleh operator titik (.), beserta nama method yang akan dieksekusi.

Jika kita ingin meng-compile program kita harus meng-compile file yang terdapat kelas main nya, walaupun kita hanya meng-compile satu file namun hasilnya akan mengeluarkan dua file ber ekstensi .class yaitu Tugas.class dan Kotak.class hal ini terjadi karena di dalam java setiap kelas akan disimpan ke dalam file .class sendiri-sendiri. Sebenarnya kita dapat mennggabung dua file tersebut menjadi satu file.



Link teman:

0 comments:

Posting Komentar

The Automated Icon
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
Feel it Free, baby !




widget by Y-Kool